img_head
BERITA

Pengiriman Bantuan Kemanusiaan dan Relawan ke Kabupaten Majene dan Mamuju

Jan19

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 1.673 Kali

Palu, 16 Januari 2021

Pengadilan Negeri Palu melakukan misi kemanusiaan dan aksi cepat tanggap terhadap kejadian bencana alam di Kabupaten Mamuju dan Majene Sulawesi Barat pada hari Jumat tanggal 15 Januari 2021.

Aksi cepat tanggap yang dilakukan dengan pengumpulan donasi oleh seluruh aparatur Pengadilan Negeri Palu dan Pengiriman sembako serta kebutuhan dasar lainnya.

Seperti diketahui Wilayah Majene dan Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat kembali diguncang gempa bumi tektonik pada pukul 12.11 Wita, Senin (18/1/2021). Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hingga siang hari ini pukul 12.30 WIB sebagai hari kelima berturut-turut rangkaian gempa terjadi di wilayah ini, dan tercatat merupakan gempa ke-39. Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, gempa yang baru saja terjadi memiliki magnitudo 4,2.
Disebutkan pula episenter gempa bumi yang terjadi ini terletak pada koordinat 2,91 LS dan 118,99 BT. Lokasi tepatnya terjadi di darat pada jarak 27 kilometer arah Tenggara Kota Mamuju dengan kedalaman 10 kilometer. Seperti rentetan gempa sebelumnya, gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Mamuju-Majene dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault). Gempa ini menimbulkan guncangan yang dirasakan di Majene dan Mamuju dalam skala intensitas II MMI dan tidak berpotensi tsunami. 

Tim relawan yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Palu bapak Marliyus M.S,S.H,M.H, bersama Bapak Zaufi Amri S.H, Bapak Suhendra Saputra S.H, dan Bapak Panji Prahistoriawan Prasetyo,S.H dan tim mengantarkan bantuan pada hari Jumat tanggal 15 Januari 2020 sore dan tiba di kabupaten Mamuju pada sabtu  pagi tanggal 15 Januari 2020.



 

PN Palu